Sistem informasi berbasis komputer

Sistem informasi berbasis komputer

Rokim malik sabarudin
Wednesday 4 November 2020

Sistem informasi berbasis komputer adalah segala bentuk berita maupun  informasi yang dikemas dalam bentuk digital. Sebuah informasi akan lebih cepat diterima oleh masyarakat  luas hanya dengan menggunakan sebuah komputer, bahkan pada masa sekarang segala informasi yang ada diseluruh dunia sudah bisa kita akses menggunakan handphone. Dengan kemajuan teknologi yang sangat cepat ini, maka kita selaku pengguna teknologi harus bijak dalam menggunakannya, disamping ada sisi positif disitu ada juga sisi negatif yang harus kita hindari. Berdasarkan penelitian para ahli, Amerika serikat mampu memunculkan berjuta-juta jurnal dalam satu detik. Jika kita teliti dengan informasi yang banyak ini, jika waktu tidak kita manfaatkan untuk mencari informasi yang banyak tersebut, maka kita akan sangat ketinggalan informasi. Kita melihat ke kampus kita tercinta yaitu Institut pesantren Sunan Derajat Lamongan yang masih minim akan mengakses informasi dari internet maupun komputer. Faktor utama yang mereka sampaikan adalah malas dalam mengakses informasi. Oleh sebab itu kita selaku agen perubahan adalah bagaimana caranya meningkatkan antusias mahasiswa dalam mengakses informasi yang ada dengan memanfaatkan media yang ada. Dalam zaman yang serba modern ini jika kita tidak bisa menggunakan media dengan bijak, maka kita akan sangat tertinggal jauh dengan yang lain. Komputer telah menjadi hal yang sangat penting dalam segala bidang kehidupan, baik dari segi sosial, ekonomi, pendidikan, politik dan lain-lain.

Jadi dapat saya tarik kesimpulan bahwa peranan sistem informasi berbasis komputer pada era sekarang sangatlah penting, selain menyajikan berita-berita terbaru, komputer juga dapat berfungsi membantu pekerjaan kita di segala bidang, dan yang lebih menariknya lagi kita juga dapat membuat berita sendiri serta menyebarkannya  dengan mudah.

Untuk mengenal sistem informasi berbasis komputer secara mendalam, berikut adalah komponen-komponen yang ada didalam sebuah komputer:

1. Komponen masukan (Input)

Fungsi dari komponen Input adalah sebagai alat untuk memasukkan sebuah perintah. berikut adalah contoh komponen Input:

  • Mouse
Mouse adalah sebuah alat input yang  yang bentuknya sedikit mirip dengan tikus, makanya diberi nama mouse. Adapun pembagian mouse terbagi menjadi dua macam yakni mouse kabel dan mouse tanpa kabel. Adapun lebih jelasnya yaitu bisa dilihat gambar berikut ini:

  • Keyboard

Keyboard adalah alat input berupa tombol-tombol yang digunakan sebagai masukan mengenai perintah yang ada didalam tombol-tombol keyboard tersebut, adapun jenis-jenis  keyboard adalah sebagai berikut:

  1. Tombol ketik
Fungsi dari tombol ketik adalah sebagai input perintah ketik dari tombol-tombol yang ada di keyboard.

     2. Tombol nomor
Fungsi dari tombol nomor adalah sebagai alat input berupa angka dan simbol-simbol.

    3. Tombol fungsi

Tombol ini berfungsi untuk mempermudah sebuah pekerjaan. Tombol ini memiliki fungsinya masing-masing, tombol ini terdiri dari tombol paling atas dimulai dari sebelah kiri hingga pojok kanan atas.

    4. Tombol Spesial 

Tombol ini memiliki fungsi yang spesial seperti namanya. Tombol spesial  dalam penggunaannya memerlukan gabungan kombinasi antara dua buah tombol. contohnya yaitu, apabila tombol CTRL digabung dengan tombol ketik maka dapat memberikan perintah sesuai dengan tombol yang di masukan.

2. Komponen proses.

Adapun yang termasuk dalam komponen proses secara garis besar yaitu prosesor, motherboard.

3. Komponen penyimpanan

Komponen penyimpanan berfungsi sebagai penyimpan data-data file berupa gambar, video, dokumen, musik, dan lain-lain. contoh dari komponen penyimpanan adalah memori.

4. Komponen keluaran 

Komponen keluaran memiliki fungsi sebagai tampilan data dari instruksi yang telah diberikan adapun contoh dari komponen keluaran yaitu monitor, printer, dan sepiker.

Jika kita lihat pengaruh sistem informasi berbasis komputer dalam bidang pendidikan, tentu saja sistem informasi berbasis komputer memiliki peran yang sangat penting. Kita bisa lihat kedalam input data yang dilakukan sekolah pasti menggunakan alat bantu yaitu komputer, karena komputer dirasa sangat efektif dalam hal transfer data, hemat waktu , efektif dan efisien. Selain itu komputer juga dapat menjadi bank data. Dengan memanfaatkan penyimpanan komputer yang sangat besar, lembaga tentu saja menyimpan banyak data-data yang ada di dalam sebuah komputer. Dengan melihat fungsi yang demikian tadi, maka komputer menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi didalam sebuah pendidikan. Tanpa komputer, sebuah lembaga tentunya akan sangat kebingungan dalam input data yang akan ditujukan ke Dinas pendidikan. Selain itu komputer juga memiliki peran yang sangat signifikan dalam Ujian Nasional yang diselenggarakan lembaga pendidikan. Selain yang telah dijelaskan diatas, sistem informasi berbasis komputer juga memiliki peranan penting dalam penyebaran informasi terkait sebuah lembaga yang bersangkutan. Seperti halnya pemasaran pendidikan.

Dalam bidang Industri, komputer juga memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini bisa kita lihat dari manajemen pengelolaan yang ada dalam industri skala besar dan menengah, yang selalu menggunakan komputer dalam setiap lini, misalnya saja dalam bidang kasir, pendataan barang, data karyawan dan lain-lain. Hal ini dilakukan karena pekerjaan yang melibatkan  sebuah komputer dirasa lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan cara manual. Dengan alasan tersebut, maka komputer di era sekarang  seakan-akan menjadi sebuah kebutuhan yang harus terpenuhi diseluruh dunia.

Dengan melihat keadaan yang sekarang ini, teknologi sangatlah berperan penting dalam segala bidang, maka kita selaku pemuda agen perubahan, hendaknya melakukan hal yang positif dan bermanfaat dengan teknologi yang serba canggih ini. Di zaman sekarang ini sebuah negara yang gagap teknologi akan teknologi, bisa dipastikan negara tersebut akan tertinggal dengan negara-negara lainnya. Hal ini dikarenakan teknologi pada sekarang ini memiliki peran yang sangat penting bagi sebuah negara, dan elemen-elemen yang ada di dalam sebuah negara.

Lalu bagaimana cara kita untuk membuat orang yang ada di sekeliling kita bisa paham dalam menggunakan sistem informasi berbasis komputer?

Dalam konteks kita sebagai mahasiswa, cara yang dapat kita lakukan dalam memberi pemahaman tentang sistem informasi berbasis komputer adalah dengan cara mengadakan seminar-seminar  disetiap desa yang di dalam desa tersebut memang dirasa tidak terjangkau teknologi seperti komputer. Selain itu kita juga bisa mengunjungi sekolah-sekolah yang ada di pelosok guna memberikan pemahaman terkait dengan sistem informasi berbasis komputer. Dengan beberapa cara diatas, Insyaallah dapat memberikan sedikit pemahaman terkait sistem informasi berbasis komputer kepada masyarakat. Kita selaku mahasiswa harus dapat memberikan kontribusi kita kepada negara tercinta ini. Tidak bisa dipungkiri bahwasanya negara yang maju bisa dilihat dengan teknologi yang ada didalam negara tersebut. Seperti halnya amerika negara tersebut disebut sebagai negara hebat di dunia sekaligus negara dengan putaran ekonomi tertinggi. Dengan hal tersebut makan kita sebagai mahasiswa agen perubahan , marilah kita bergerak kedepan mencurahkan segala upaya guna memajukan negara tercinta ini.