pentingnya penggunaan email profesional dalam bisnis

pentingnya penggunaan email profesional dalam bisnis

Rokim malik sabarudin
Wednesday 11 March 2020

Tahukah kalian Apa itu email profesional?

Apa peranan email profesional dalam bisnis?

Apa bedanya email profesional dengan email biasa?

Dan masih banyak lagi seputar pertanyaan mengenai email profesional yang tidak mungkin mimin tuliskan satu persatu. Dengan demikian mimin memiliki inisiatif untuk menulis artikel ini dengan tujuan saling berbagi informasi dan pengalamaan yang positif. Di dalam artikel ini tidak ada maksud untuk menggurui ataupun yang lainya, melainkan hanyalah sekedar berbagi informasi yang positif.

Di sini mimin akan membahas mengenai seputar email profesional dan Mengapa kita harus mempunyai email profesional dalam bisnis. Email dalam bahasa Indonesia merupakan pesan atau surat elektronik dan kamu bisa mengaksesnya dari berbagai perangkat asal telah tersambung ke jaringan internet. Dengan menggunakan jaringan internet yang dapat menjangkau wilayah yang sangt luas maka, email juga bisa digunakan sebagai sarana dalam menjalankan bisnis untuk menghasilkan uang. Bahkan banyak orang yang sukses dengan menggunakan metode ini bahkan omset yang didapatkan tidak tanggung-tanggung yaitu mencapai puluhan hingga ratusan juta tergantung bidang bisnis yang dikerjakan. Mungkin jika kamu mencobanya kamu bisa saja menjadi bagian dari para pebisnis yang sukses dan mendapat omset yang fantastis dengan menggunakan email profesional dalam bisnis anda.

 Dibawah ini mimin akan membahas dari yang paling dasar sampai manfaat yang di dapat bila menggunakan email profesional dalam bisnis. Oke Langsung simak saja pembahasanya dibawah ini.


1. Bedanya email biasa dan email profesional.

Di era industri 4.0 semuanya tidak ada yang tidak mungkin untuk dilakukan.  Dengan berbekalkan smartphone, dunia berasa ada di genggaman tangan. Pada era ini banyak kemudahan yang disajikan dalam bidang bisnis, informasi, pendidikan dan masih banyak lagi.  Dengan munculnya email sebagai media dalam bertukar informasi maka hal ini merubah kebiasaan pada zaman dahulu yang masih menggunakan surat berpindah ke media digital. Dengan munculnya email dalam bidang informasi dan komunikasi tentu saja membawa dampak yang luar biasa dalam bidang komunikasi.  Selain dapat dimanfaatkan sebagai alat bertukar informasi, email juga bisa dipakai sebagai sara bisnis yang dapat menunjang keberlangsungan usaha anda serta mempermudah dalam segala aspek yang berkaitan dengan pengelolaan usaha. Adapun jenis email itu dibagi menjadi dua jenis yaitu email biasa/gratis dan email premium/profesional. 

 Email biasa atau tidak berbayar yaitu email yang domain nya disediakan langsung oleh  penyedia layanan tersebut serta akhiran dari domain tersebut akan mengikuti induknya.
Contohnya, Saat kita membuat email pada layanan Gmail, otomatis domain yang disediakan akan berakhiran seperti ini (namadomain@gmail.com.). Huruf yang bergaris dan berwarna merah inilah yang membedakan email biasa dengan email profesional. Adapun penyedia email gratis lainya yaitu yahoo dan lain-lain.

Email profesional adalah email yang dibuat berdasarkan domain yang kita punya/pakai. Pada email profesional domain yang digunakan adalah gabungan antara nama email serta domain yang kita punya.
Contohnya namaemail@namadomain.ekstensi. Email profesional biasanya digunakan untuk kebutuhan bisnis agar menambah kesan profesional pada bisnisnya. Selain itu email profesional juga membantu meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap bisnis kita.

Jika kalian belum mempunyai domain, kalian bisa daftar di layanan penyedia domain. Anda bisa juga mengunjungi domain murah untuk mendaftarkan domain kamu. Domain sangat dibutuhkan jika anda ingin membuat email profesional.

2. Fungsi dari email profesional.

Salah satu Fungsi dari email profesional adalah sebagai sarana bisnis yang memberikan kesan keseriusan serta keprofesionalitas dalam berbisnis. Dengan menggunakan email profesional, mitra bisnis yang akan melakukan kerjasama dengan kita akan merasa lebih nyaman dan pastinya yakin dalam melakukan hubungan kerjasama.

 Sebagai ilustrasinya ada seorang penjual alat elektronik yang menjual barang dagangannya di pinggir jalan dan juga ada seorang penjual alat elektronik yang menjual barang dagangannya ditempatnya sendiri dengan berbagai fasilitas yang komplit.  Sampai disini pasti kita sudah bisa menilai lebih profesional mana antara kedua penjual tersebut dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan serta kita dapat memutuskan untuk berbelanja ditempat yang mana. Hal ini pun berlaku juga untuk email biasa yang numpang dengan email punya sendiri. 


3. Keuntungan menggunakan email profesional di dalam bisnis.

  •  Sebagai brand dalam menjalankan usaha.  Misalkan kamu adalah seorang pengusaha baju maka kamu perlu membuat suatu brand terhadap usaha anda. Baju yang memiliki brand akan mempunyai nilai jual yang lebih tinggi bila dibandingkan baju polos tanpa brand. Sebagai contohnya brand baju yang memiliki merek Adidas lebih mahal daripada baju yang tidak memiliki brand atau polosan.
  • Terhindar dari spam. Dengan menggunakan email profesional kita bisa terhindar daari spam yang tentunya sangat mengganggu dan dapat memakan sistem penyimpanan yang ada di email kita. Biasanya span dilakukan oleh oknum yang memiliki tujuan tertentu dengan mengirimkan pesan lebih dari satu. 
  • Menjadi penyimpanan yang aman. Dengan menggunakan penyimpanan milik pribadi yang disediakan di dalam email profesional, data yang ada didalamnya dijamin aman dan tidak akan hilang. Didalam email profesional juga terdapat fitur backup yang tentu saja akan sangat membantu anda dalam memulihkan pesan-pesan yang ada.
  • Tidak ada iklan. Apakah anda pernah melihat iklan yang muncul di halaman email gratisan? Jika iya, hal ini dapat mengganggu aktivitas anda di dalam mengakses email anda. Kabar baiknya jika anda menggunakan email profesional anda akan diuntungkan dengan tidak adanya iklan yang berpotensi mengganggu kenyamanan anda serta rekan bisnis anda.
  • Dapat membuat email sebanyak mungkin. Dalam sebuah perusahaan adakalanya memiliki banyak produk yang akan dipasarkan. Dengan demikian maka diperlukan email yang banyak pula dalam rangka memanajemen produk yang sesuai dengan jenisnya supaya memudahkan dalam perihal pengaturan administrasinya.
  • Penyimpanan yang lebih besar. Di dalam sebuah email pasti mempunyai kapasitas penyimpanan data sebagai media penyimpanan yang digunakan menyimpan file berupa foto, dokumen, audio dan lain-lain.Pada email gratis penyimpanan yang disediakan yaitu sebesar 15 GB. Sedangkan Jika kamu menggunakan email profesional kapasitas yang disediakan berkisar antara 30 GB ke atas tergantung jenis akun yang kamu daftarkan. Dengan demikian akan memudahkan kita dalam mengelola data yang ada tanpa terbatas oleh penyimpanan. 
  • Menjadikan jalan pintas untuk mengakses website anda. Dengan adanya nama domain yang tertera pada email yang anda gunakan, hal ini dapat membuat akses pintas para pelanggan bisnis untuk dapat berkunjung ke website anda. Selain itu hal ini juga sangat membantu usaha anda dalam pemasaran. Pasalnya orang yang berkunjung ke website kita akan tahu produk bisnis apa yang kita tawarkan serta mereka dapat memilih sesuka hati sesuai apa yang sedang dicarinya. Selain itu juga email profesional juga dapat meningkatkan visitor pengunjung website yang anda kelola. 
  • Memudahkan dalam pengelolaan. Email profesional memiliki fitur yang sangat memudahkan kita dalam mengelola data yang ada. Dalam sebuah bisnis tentu saja banyak kendala yang dapat terjadi misalkan keluar masuknya karyawan. Setiap karyawan pasti memiliki email dan jika kita menggunakan email biasa akan tentu saja merepotkan. Disinlah keunggulan dari email profesional yang mudah dikelola. 
Jadi dengan keunggulan yang ditawarkan oleh email profesional tentu saja akan menambah kesan menyenangkan dalam berbisnis. Berdasarkan pengalaman yang pernah mimin temui, penggunaan email profesional berpotensi mendatangkan keuntungan yang lebih signifikan. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Simak cerita dibawah agar kalian mendapatkan gambaran dan bagaimana peran email profesional dalam bisnis.  Begini ceritanya. 

 Temen mimin si Otong dulu pernah berjualan baju di sosial media,  seiring dengan meningkatnya permintaan sontak membuat si Otong kualahan dalam membalas chat yang semakin banyak serta membuatnya pusing dan yang paling jengkelin udah terlanjur di respon dengan sepenuh hati tapi akhirnya gak beli kata si Otong.

Dengan keadaan yang seperti itu si Otong lantas mencari informasi bagaimana cara supaya bisnisnya bisa berjalan lancar tanpa harus ribet. Akhirnya si Otong mendapatkan sebuah masukan ide yaitu membuatkan website produknya supaya lebih mudah dalam hal pemasaran.

Setelah membuat website, mulai ada peminat yang berkunjung ke websitenya si otong. Lambat laun tapi pasti si Otong mulai kebanjiran orderan nih.   Karena si Otong hanya melampirkan nomor wa dan facebook sebagai tanda identitasnya, Otong sangat kesusahan dalam membalas chat yang masuk ke dalam akun pribadinya, sehingga sangat mengganggu kegiatan yang biasa ia lakukan sehari-hari. Selain itu penyimpanan memori si Otong sangat minim sehingga mengakibatkan internal yang dimiliki Otong full tanpa sisa.  Selain itu Otong juga mengeluhkan bahwa hpnya sering sekali ceket. Tentu saja hal ini sangat mengganggu kegiatan sehari-hari Otong dalam menggunakan hpnya.

Setelah itu, Otong kembali googling untuk mencari referensi bagaimana caranya untuk mengelola percakapan yang terjadi antara ia dan pelanggan yang tentunya akan semakin memudahkan dirinya dalam mengelola bisnisnya. Setelah beberapa lama melakukan searching Akhirnya Si Otong pun mempunyai ide untuk membuat akun email profesional yang digunakannya dalam mengelola Bisnis baju online nya.

Untuk membuat email profesional, kamu harus punya domain terlebih dahulu. Adapun cara untuk mendaftarkan email profesional adalah sebagai berikut.

1. Tahap yang pertama adalah anda harus masuk pada bagian cpanel terlebih dahulu. Lalu masukan domain anda beserta passwordnya.


2. Tahap yang kedua yaitu anda klik email account.



3. Yang ketiga yaitu lengkapi data yang dimaksud di dalam kolom dengan benar.  Setelah itu klik create akun.



Setelah mengikuti langkah-langkah diatas, maka kamu sekarang sudah mempunyai email profesional pribadimu sendiri dan siap untuk dioperasikan.

Melanjutkan cerita si otong tadi, sesudah ia mempunyai email profesional, segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnisnya lebih termanajemen dengan baik daripada sebelum menggunakan email profesional dan website.

Dengan adanya email profesional, maka segala keperluan yang dibutuhkan pelanggan langsung di tanyakan lewat email profesionalnya sehingga tidak mengganggu aktivitasnya dalam menggunakan smartphonenya.  Dengan begini pekerjaan bisnis yang dijalankan oleh otong lebih termanajemen dan memudahkan otong dalam mengelola usahanya.

Adapun untuk kalian yang ingin membuat email profesional dalam bisnis sangat dianjurkan untuk segera membuatnya, selain fasilitas yang ditawarkan sangat mumpuni, kamu juga dimudahkan oleh fitur-fitur yang dijamin sangat recomended buat para pebisnis.


Dengan penjelasan diatas maka email profesional memiliki peran yang penting didalam menunjang keberhasilan usaha yang anda jalankan.