Bagaimana proses terciptanya ombak di lautan?

Bagaimana proses terciptanya ombak di lautan?

Rokim malik sabarudin
Sunday 12 April 2020


Bagaimana proses terciptanya ombak di lautan? - Ombak merupakan pergerakan air laut yang disebabkan adanya energi yang mendorong air laut tersebut sehingga menciptakan gulungan air/ombak.

Tapi tahukah kalian bagaimana ombak bisa tercipta?  Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya ombak.

Angin merupakan faktor utama penyebab ombak di lautan. Seperti kita tahu bahwasannya ditengah laut tidak ada pepohonan, rumah, bahkan warung kopi tidak ada. Angin yang berhembus tidak ada proses penghambatan yang dilakukan oleh benda sekeliling.

Maka angin langsung berkontraksi dengan permukaan air laut sehingga menyebabkan terjadinya energi yang membuat air menjadi bergelombang.

Adapun selain angin,  badai kencang juga bisa menyebabkan ombak yang lebih parah atau biasanya disebut dengan gelombang.  Semakin kuat Kecepatan badai maka akan semakin besar pula gulungan ombak yang ditimbulkan.

Adapun selain angin serta badai, lempeng yang bergerak di dasar laut juga dapat menyebabkan ombak. Lempeng yang bergerak otomatis akan menimbulkan Getaran yang dapat memicu terjadinya ombak. Semakin besar Getaran yang ditimbulkan maka akan berpotensi besar juga menimbulkan ombak yang kuat.

Selain itu angkatan militer yang sedang melakukan simulasi perang di tengah laut juga dapat menyebabkan ombak, Hal ini dikarenakan ledakan yang ditimbulkan dari bahan peledak akan menimbulkan suatu energi yang dapat membelah air laut.