Tugas sarana dan prasarana

Tugas sarana dan prasarana

Rokim malik sabarudin
Thursday 1 October 2020

 

Nama   : Rokim malik sabarudin

Kelas   : MPI 5 C

 

Soal :

1.   1. Setelah mengikuti perkuliahan dari awal hingga akhir, bagaimana pemahaman anda terkait dengan mata kuliah manajajemen sarana dan prasarana?

2.   2. Jika anda menjadi kepala sekolah/madrasah, bagaimana strategi anda  dalam perencanaan, pelaksanaan, pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan?

3.    3. Bagaimana pendapat anda mengenai inventarisasi dalam pengelolaan perpustakaan, dalam mewujudkan pengunjung yang selalu ingin berkunjung?

4.    4. Bagaimana pemahaman anda terhadap sarana dan prasarana yan saat ini dalam keadaan pandemi covid19?

5.    5. Jika anda sebagai pimpinan lembaga pendidikan (SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA), kebijakan apa yang anda putuskan dalam manajemen sarana dan prasarana?

Jawab :

 

1.      1. Menurut saya mata kuliah manajemen sarana dan prasarana adalah mata kuliah yang menarik, dimana didalamnya mengandung teori manajemen yang harus kita kuasai selaku lulusan dari MPI. Selain diajarkan tentang teori, kita pasti akan berangan-angan bagaimana jika seandainya kita menjadi ketua sarana dan prasarana yang ada di sekolah yang kita pimpin. Tentunya kita akan merumuskan ide, bagaimana cara agar menjadi ketua yang baik, serta ketua yang bertanggung jawab dalam tugasnya. Dari sini kita diberi bekal, sebagai para calon pemimpin kelak. Saya yakin setelah menerima materi secara keseluruhan dari matkul manajemen sarana dan prasarana kita dapat menjadi manajerial yang  baik daripada sebelumnya. Dan harapannya jika kita kelak menjadi ketua sarana prasarana di dalam sebuah lembaga, kita sudah mengetahui apa yang seharusnya kita lakukan selaku manajer sarana dan prasarana.

 

2.      2. Jika saya menjadi kepala sekolah disebuah lembaga, maka saya akan melakukan segala sesuatu yang bernuansa positif yang sekiranya dapat membawa lembaga kearah yang lebih baik daripada sebelumnya. Jadi dalam proses perencanaan, saya akan melakukan analisis terlebih dahulu mengenai keadaan sekitar, dan apa yang sekiranya dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. Karena dalam proses perencanaan kita tidak bisa main-main dalam menentukan tujuan sebuah lembaga. Setelah melalui proses perencanaan, saya akan menerapkan sistem implementasi dari sebuah perencanaan, yang didalamnya mengandungbeberapa struktural yang terdiri dari beberapa devisi dan beberapa anggota dengan pembagian tugas yang jelas dan terorganisir. Setelah melalui proses perancanaan dan implementasi, maka kita juga perlu dalam melakukan pemeliharaan sarana dan prasarana yang ada. Mengapa hal ini penting? Karena dalam proses pembelajaran sangatlah dibutuhkan tujuan untuk memahamkan siswa lewat media mengenai pemeliharaan sarana dan prasarana.

 

3.      3. Menurut saya inventarisasi harus ada didalam sebuah lembaga pendidikan. Mengapa demikian? Jika kita tidak punya inventarisasi, maka hal ini akan mengakibatkan lembaga susah berkembang. Misalnya saja sebuah perpustakaan yang tidak disuport inventarisasi akan membuat orang-orang yang akan membaca menjadi malas. Mengapa bisa? Hal ini dirasa kurang memberikan kenyamanan kepada pembaca. Jika saja setiap perpustakaan ada inventarisasi, seperti pengharum ruangan, rak buku yang bagus, kipas angin ataupun AC, buku-buku yang menarik, komputer, dan lain-lain tentunya bisa mendatangkan rasa nyaman terhadap para pengunjung perpus. Nah disini merupakan pentingnya inventarisasi dalam mewujudkan pengunjung yang selalu ingin berkunjung di perpustakaan.

 

4.      4. Menurut saya sarana dan prasarana yang saat ini dalam kondisi covid sangat merugikan pihak lembaga yang bersangkutan. Misalnya saja sebuah lembaga telah menyiapkan beratus-ratus komputer yang akan  digunakan dalam ujian nasional dan tentu saja sudah mengeluarkan biaya yang sangat banyak, bahkan mencapai ratusan juta. Tetapi nyatanya ujian nasional dihapus karena kondisi pandemi yang saat ini terjadi. Hal ini tentu nya merugikan pihak lembaga yang sudah mengeluarkan biaya besar tetapi ujian nasional tidak jadi dilaksanakan.

 

5.      5. Jika saya menjadi pemimpin sebuah lembaga, maka kebijakan yang akan saya terapkan adalah mengenai laporan kondisi sarana dan prasarana yang ada dan di hendel langsung oleh sekbid yang bersangkutan. Selain itu penganggaran dalam pemeliharaan wajib melampirkan bentuk foto maupunnota yang didalmnya berisi tentang keterangan pembelian maupun keadaan sarana dan prasarana yan ada.