Contoh review jurnal mahasiswa Insud
Review jurnal
Judul : Kepempinan transformasional dalam peningkatan
mutu pendidikan anak usia dini
Pengarang
: Leni nurmiyati, Bach yunof candra
Tahun
:
2019
Vol.
03 No. 02 (2019) : 13-14
Abstrak: kepemimpinan merupakan puncak kendali dari suatu organisasi,
dengan hadirnya seorang pemimpin yang mampu mentransformasikan segala aktifitas
dengan optimal akan memperlancar efektivitas dan evisiensi segala kegiatan yang dilaksanakan bersama untuk
mencapai tujuan yang telah disepakati bersama. Penelitian ini menyajikan
tentang peningkatan pendidikan anak usia dini melalui kepemimpinan transformasional.
Kepemimpinan ransformasional adalah merupakan pilihan tepat bagi seorang
pemimpin, agar dapat mengoptimalkan kepemimpinannya dalam praktik manajemen
dunia pendidikan yang kian kompleks dan dinamis. Metode yang digunakan dalam
pengumpukan data adalah metode study pustaka. Data-data tersebut kemudian
direduksi secara deduktif untuk kemudian dipadukan dan dan disesuaikan dengan
pendidikan anak usia dini. Pembahasan hasil akan dipaparkan, secara deksriptif.
Kepemimpinan transformasional dapat meningkatkan proses dan mutu manajemen
pendidikan anak usia dinidengan menjaga hubungan baik dengan para anggotanya,
memotivasi mereka agar selalu berkembang, menumbuhkan rasa memiliki terhadap
lembaga, memotivasi untuk memperjuangkan kepentingan bersama dari
padakepentingan pribadi dan menjaga standar moral yang tinggi.
Kata
kunci: kepemimpinan, Transformasi, Mutu
pendidikan
Pendahuluan
Dalam mengembangkan kualitas serta
efektifitas keorganisasian pada lembaga anak usia dini, dibutuhkan sosok
pemimpin dengan model kepemimpinan yang tepat, sehingga dapat melaksanakan
tugasnya dengan baik, efektif serta
efisien. Kepemimpinan dalam suatu lembaga pendidikan akan banyak berperan dalam
lajunya perkembangan lembaga pendidikan
yang dikelola (Bustamante & Combs, 2011)
Berdasarkan pengamatan yang saya lakukan jurnal ini membahas
tentang bagaimana caranya meningkatkan mutu dalam sebuah lembaga pendiddikan,
khususnya dalam ruang lingkup pendidikan anak usia dini. Lihat lebih lanjut
agar dapat melihat hasil review saya.
Adapun metode yang digunakan dalam pengumpukan data adalah metode
study pustaka. Data-data tersebut kemudian direduksi secara deduktif untuk
kemudian dipadukan dan dan disesuaikan dengan pendidikan anak usia dini.
Kepemimpinan
Adapun sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit tentang konsep
pemikiran kepemimpinan terlebih dahulu. Pemimpin adalah seseorang yang dengan
posisinya, kekuasaanya berusaha mengatur, mengarahkan, mengorganisir serta
mengontrol usaha atau upaya orang lain untuk memprakasai tingkah laku sosial.
Sedangkan pengertian yang terbatas dari kata pemimpin ialah seseorang yang
dikuatkan dalam membimbing, dan mengarahkan
dengan bantuan kualitas, dan potensi persuasfnya dan akseptansi/penerimaan secara sukarela
oleh para pengikutnya (Robbins & Judge, 2015). Keterkaitan pemimpin dan
kepemimpinan adalah bagaikan dua mata pisau yang tidak dapat dipisahkan.
Sebelum mengkaji lebih banyak ada baiknya anda mengetahui definisi pemimpin
secara formal yaitu pemimpin adalah sosok yang memiliki kepandaian, kecakapan
dan kemauan lebih dalam di suatu bidang, hal yang dimiliki pemimpin inilah yang
membuatnya seorang yang unggul bila
dibandingkan dengan yang lainya.
Aktifitas manajerial pendidikan anak usia dini. Untuk menghasilkan
kualitas yang bermutu dalam dunia pendidikan anak usia dini, maka pengelolaan
manajemen pendidikan anak usia dini perlu menjadi perhatian yang sangat penting
bagi kepala sekolah sebagai pimpinan sekolah. Pendidikan anak usia dini menjadi
wadah yang sangat fundamental bagi dalam pendidikan anak, dalam memberikan dan
membentuk kerangka dasar yang yang mendukung berkembangnya dasar-dasar
pengetahuan, sikap dan keterampilan pada anak (Mursyid, 2005). Kepemimpinan dapat efektif dan efisien jika
dipimpin oleh seseorang yang memiliki daya nalar yang baik jug kepekaan hati
dalam bertindak dan memahami segala kondisi dan situasi dalam keorganisasian
kelompoknya.
Pada hakikatnya pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang
terselenggara dengan tujuan untuk
memfasilitaskan dan menstimulus pertumbuhan dan perkambangan anak secara
menyeluruh, serta menitikberatkan tujuanya pada perkembangan pada kepribadian
anak (Suyadi, 2013). Keterlibatan pemimpin dalam kepemimpinannya yang produktif
tentunya akan mendorong pergerakan kemajuan manajemen suatu lembaga pendidikan
anak usia dini yang dikelolanya.
Kepemimpinan transformasional
Kepemimpinan transformasional merupakan kepemimpinan yang memiliki
kesadaran yang tinggi tentang emosional, manajemen diri, kesadaran sosial dalam
mengelola hubungan kerja. Pola perilaku
kepemimpinan transformasional diharapkan
memberi pengaruh positif terhadap
anggotanya dalam membentuk nilai-nilai dan keyakinan tercapainya tujuan organisasi. Kepemimpinan
transformasional merupakan usaha yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam
mengatur tata kelola lembaga pendidikan yang dipimpinnya, dengan melibatkan dan
mengarahkan pandangan anggotanya untuk melampaui kepentingan diri sendiri, dan
menuju kepentingan bersama.
Kepala sekolah transformasional merupakan kepemimpinan yang memilki
kesadaran yang tinggi tentang emosional, manajemen diri, dalam mengelola hubungan
kerja. Pola perilaku kepemimpinan transformasional diharaokan memberi pengaruh
positif terhadap anggotanya dalam membentuk nilai-nilai dan dan
keyakinantercapainya tujuan organisasi.
Kesimpulan
Kepemimpinan transformasional dapat meningkatkan mutu manajamen
pendidikan anak usia dini. Selain itu, kepemimpinan transformasional dapat
mengoptimalisasikan proses anak usia dini. Optimalisasi dalam proses pendidikan
anak usia dini terjadi ketika seorang pemimpin lembaga pendidikan anak usia dini menjaga hubungan
baik dengan para anggotanya, memotivasi mereka untuk selalu berkembang,
menunjukan ras memiliki kepada lembaga, memotivasi untuk memperjuangkan
kepentingan bersama dari pada kepentingan pribadi dan menjaga standar moral
yang tinggi, sehingga segala kegiatan dan aktivitas pendidikan yang berlangsung di dalam proses pendidikan anak usia dini berjalan
secara efektif dan efisien.